Misteri Pesawat Terbang Hilang Yang Pernah Terjadi

Diposkan oleh Label: di
Sejarah telah mencatat bahwa hilangnya pesawat seperti kapal Malaysia pada penerbangan sipil MH370 terjadi beberapa kali dan sampai saat ini belum diketemukan puing-puing ataupun jejak kehilangan kapal terbang tersebut.

Pesawat terbang yang lenyap hilang dari radar manusia yang pernah terjadi akan selalu menjadi misteri yang diungkap keberadaannya, namun karena keterbatasan kemampuan manusia hal itu menjadi bukti kenyataan bahwa manusia masih memiliki kekurangan dalam teknologi dan kecanggihan peralatan.

Analisa para ahli pun muncul beragam, ada anggapan bahwa hilangnya itu karena factor manusia ataupun disebabkan alat atau pesawatnya itu sendiri. Namun semua itu sulit dibuktikan perkiraan pastinya.

Sejarah hilangnya pesawat yang pernah terjadi di dunia ini pernah beberapa kali terjadi. Berikut beberapa kejadian pesawat yang hilang tersebut :

Misteri Pesawat Terbang Malaysia MH370 Hilang
Sejarah pesawat terbang hilang paling baru terjadi di awal tahun 2014 pada tanggal 8 Maret 2014. Pesawat terbang yang menjadi misteri hingga saat ini bernama Boeing 777-200. Kapal itu merupakan pesawat terbang untuk angkutan milik Malaysia Airlines. Kontak hilang dengan pesawat ketika terbang dari Kuala Lumpur/ Malaysia menuju Beijing/ China, namun setelah dua jam lepas landas dari bandara pada hari sabtu dini hari pesawat itu entah kemana. Pesawat itu mengangkut 239 orang dan sampai saat ini semuanya lenyap.

Misteri Pilot Penerbang Pesawat Amelia Earhart
Seorang penerbang pionir Amerika Serikat bernama Amelia Earhart hilang bersama pesawat yang dikemudikannya. Peristiwa itu terjadi di Lockheed Electra pada 2 Juli 1937. Pilot pesawat hilang bersama navigatornya bernama Fred Noonan. Misteri hilangnya pesawat itu ketika pilot kapal terbang tersebut berniat mengelilingi dunia.

Perjalanan pesawat yang dikemudian Amelia Earhart tersebut hilang entah dimana setelah terbang melintasi Samudra Atlantik. Tetapi kontak itu terputus di sekitar Pulau Howland, Samudra Pasifik. Hingga kini, pesawat yang diterbangkan Earhart belum ditemukan.

Misteri pilot tempur Glenn Miller hilang di Selat Inggris
Glenn Miller pernah menunjukkan keahlian menerbangkan pesawat di Inggris bersama Angkatan Bersenjata Amerika Serikat pada musim panas tahun 1944. Ia menghabiskan malam terakhir hidupnya di Milton Ernest, dekat Bedford, 14 Desember 1944. Hari berikutnya, ia terbang menuju Paris, tetapi tak pernah sampai. Ia dinyatakan hilang di Selat Inggris.

Ada banyak teori tentang hilangnya Miller. Ada yang mengatakan, ia hilang terkait pengeboman. Ada pula yang mengatakan bahwa Miller selamat, tetapi mati di sebuah rumah bordil di Paris karena serangan jantung.

Misteri Pesawat Flight 19 Hilang di Segitiga Bermuda
Pesawat Flight 19 hilang dan menjadi misteri pada 5 Desember 1945. Peristiwa ini yang kemudian mengawali legenda tentang Segitiga Bermuda.

Peristiwa hilangnya pesawat itu terjadi pada saat misi latihan lima Navy Avenger yang dipimpin oleh instruktur penerbangan Charles Taylor bertolak dari Fort Lauderdale, Florida. Satu setengah jam setelah misi dimulai, pilot melaporkan bahwa mereka mengalami disorientasi dan tak bisa mengenali batas-batas wilayah di bawahnya.

Lewat komunikasi radio, Taylor mengatakan kepada Naval Air Station di Fort Lauderdale bahwa dua kompas pada pesawat tak berfungsi. Pesawat kemudian hilang dan tak bisa ditemukan. Sejumlah 14 orang dinyatakan tewas. Anehnya, pesawat PBM Mariner dengan 13 awak yang ditugaskan untuk mencari Flight 19 juga hilang.

Misteri Pesawat Star Dust Hilang dari Argentina
Pesawat terbang sipil Star Dust dari bomber Lancaster itu lenyap saat terbang dari Buenos Aires, Argentina, ke Santiago, Cile. Pesawat yang dimiliki oleh British South American Airways (BSAA) itu diterbangkan oleh pilot berpengalaman, Reginald Cook. Pesawat meninggalkan Buenos Aires pada 2 Agustus 1947 pukul 13.46 siang waktu setempat. Pesawat bergerak ke arah pegunungan Andes.

Pesawat tak pernah sampai tujuannya. Namun, pesawat itu mengirim kode morse “STENDEC” sebelum hilang. Beragam teori, mulai dari alien hingga sabotase, beredar ketika pesawat belum ditemukan. Fragmen pesawat sendiri baru ditemukan 50 tahun kemudian oleh dua orang asal Argentina.

Misteri Kapal terbang Star Tiger hilang di Segitiga Bermuda
Pesawat bernama Star Tiger hilang pada 30 Januari 1948. Kapal terbang ini milik British South American Airways (BSAA). Sejarah pesawat Star Tiger hilang ketika hendak terbang dari Santa Maria di Azores melalui segitiga Bermuda. Pesawat terbang itu membawa 25 penumpang, termasuk pahlawan Perang Dunia II, Sir Arthur Coningham. Pesawat terbang dalam kondisi cuaca yang kurang bagus, diikuti oleh pesawat pemantau cuaca Lancastrian.

Pesawat Lancastrian mendarat selamat, tetapi tidak dengan Star Tiger. Kemungkinan, pesawat terempas oleh angin dan jatuh ke laut.

Misteri Pesawat terbang Star Ariel hilang di Segitiga Bermuda
Hilangnya pesawat milik BSAA itu terjadi beberapa kali. Pesawat Star Ariel itu pun hilang dalam penerbangan dari Bermuda ke Jamaika pada 17 Januari 1949. Pesawat itu tak pernah mencapai tujuan. Pencarian terhadap 20 penumpang dan awak pesawat dihentikan pada 25 Januari 1949.

Investigasi yang dilakukan tak berhasil menemukan sebab hilangnya pesawat. Namun, Don Bennet dari BSAA mengatakan bahwa Star Tiger dan Star Ariel sebenarnya disabotase.

Dari peristiwa misteri pesawat tersebut di atas yang hilang hingga sekarang pesawat itu belum ditemukan dan belum terungkap.
Back to Top