Penemuan Planet Mirip Bumi Bernama Kepler-62f | Misteri Alam Semesta Tahun 2014

Diposkan oleh Label: di
Planet mirip bumi - Kehidupan di alam semesta menyingkap banyak misteri yang belum banyak terungkap. Diantaranya planet-planet yang ada di galaksi yang ada di jagat raya ini. Para peneliti kini memperkirakan bahwa mungkin ada kehidupan lain selain di bumi kita ini. Tetapi ini masih menjadi misteri akan kebenaran hal tersebut.

Sebuah planet di alam semesta bernama "Kepler" diduga para ahli antarikasa merupakan planet yang hampir mirip dengan bumi, dengan ciri-ciri fisik, struktur permukaan, serta suhu yang diperkirakan sama dengan planet bumi. Temuan planet Kepler-62f tersebut hampir diyakini sama persis dengan bumi dan bahkan sampai dikatakan di sana mungkin ada kehidupan seperti di bumi ini, sebab sekeliling permukaannya dikelilingi daratan, gunung-gung, bukit dan permukaan air. 

Sebelum para ahli menemukan planet terbaru Kepler 62f sebelumnya telah diteliti exo-planet Kepler-62e. Planet yang ditemukan di awal tahun 2014 ini (Kepler-62f) berjarak ke matahari dan mengorbit pada bintang layaknya seperti bumi, sehingga dengan temperatur suhu di planet tersebut kemungkinan besar ada kehidupan di sana. Namun pertanyaan selanjutnya, siapakah yang menghuni planet tersebut? Ini masih menjadi misteri alam semesta yang belum terpecahkan hingga kini.

Volume besar planet Kepler-62f diperkirakan 1,4 x lebih besar dari planet bumi, dan jarak bumi ke planet tersebut sekitar 1.200 tahun cahaya. Di sana akan terlihat bintang-bintang di malam hari nampak lebih kecil dari penglihatan bintang dari bumi.

Para ahli sampi kini belum memastikan adanya bahan logam di planet Kepler seperti di perut bumi tempat berpijak kita ini. Begitupun kemungkinan lain tentang adanya listrik, api dan sumber daya mineral lainnya yang sampai saat ini masih menjadi misteri alam semesta.

Melalui alat bernama Teleskop Kepler terlihat melalui teropong ini bahwa warna planet Kepler-62f nampak biru seperti bumi dan kelihatan indah sebab orbit yang dilaluinya berwarna oranye. Melalui teleskop itu juga dihasilkan sebuah kesimpulan bahwa Kepler-62f mengelilingi matahari pada orbitnya selama 267 berbeda 2 hari dengan manusia yang mengorbit bintang pusat (matahari) selama 265 hari. Perbedaan planet bumi dengan planet Kepler ini tidak jauh berbeda.
Foto Nasa Melalui Teleskop Kepler

Demikian temuan fakta alam melalui teknologi canggih masa kini, hampir dapat disimpulkan bahwa di alam jagat raya yang sangat luas ini mungkin ada kehidupan lain seperti di planet bumi ini.

Saat penulis melihat hasil para ahli antariksa, terlintas beberapa informasi yang dihimpun dari kitab suci Al-Qur'an mengenai misteri yang susah dipecahkan oleh manusia yaitu kehidupan alam, diantaranya :
Allah SWT telah menciptakan langit-langit dan planet-panet
اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ
“Allah lah yang menciptakan 7 langit dan sejumlah yang sama (planet-planet) yang serupa Bumi. Perintah Allah berlaku pada mereka. agar kamu mengetahui bahwasannya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya ilmu Allah benar-benar meliputi atas segala sesuatu.” (QS. Surat 65 Ayat 12 ).
Melalui landasan keimanan berbagai informasi dan temuan para ahli sesungguhnya akan menyadarkan kita sebagai manusia betapa kecilnya kita di alam jagat raya ini. Itu diantara penemuan misteri alam terbaru yang harus terus digali oleh manusia yang berfikir.
Back to Top