Terapi Prana Tenaga Elektro Akupresur Herbal Dalam Pengobatan Alternatif

Diposkan oleh Label: di
Artikel hipnoterapi ini membahas tentang cara terapi prana tenaga elektro akupresur dan herbal dalam pengobatan yang dikaji secara ilmiah. Apa yang ditulis pada postingan ini merupakan kisah pengalaman yang bermula dari hobi penulis pada tahun 1994 yang termotivasi dalam bukunya master Choa Kok Sui tentang Ilmu dan Seni Penyembuhan dengan Tenaga Prana (The Ancient Science and Art of Pranic Healing) yang dipaparkannya secara komprehensif.

Penulis telah lama mencoba dengan otodidak (learning by doing) belajar sambil praktek, menyalurkan dan memproyeksikan tenaga prana kepada keluarga dan teman-teman. Kemudian bergabung dengan teman-teman yang mempunyai bakat-bakat kewaskitaan melihat energi metafisik (aura tubuh) untuk melakukan percobaan-percobaan lebih jauh terhadap manfaat terapi prana pada pemulihan tubuh. Sehingga akhirnya mempunyai keterampilan terapi tenaga prana/tenaga dalam, baik jarak dekat (kontak) maupun jarak jauh (tidak kontak).

Pengertian Prana
Prana adalah adalah istilah sanskerta yang banyak digunakan oleh para yogi yang berarti energi vital atau daya hidup (Prana) sedangkan masyarakat China menamakannya Chi dan orang Jepang menyebutnya Ki. Apabila kita menatap kearah langit yang cerah dengan tatapan mata yang tidak fokus maka akan terlihat butiran-butiran kecil bercahaya (warna neon terang) yang bergerak dengan kecepatan tertentu dan tidak saling bertabrakan, artinya geraknya sudah terpola sedemikian rupa, karena bergerak maka ada energi dan ada daya (power), nah itulah prana. Oleh karena itu prana ada disekitar kita, ibarat kita berada atau tenggelam dilautan prana. Dengan demikian setiap kita bernafas maka prana akan memberikan porsi energi pada tubuh. Dengan hanya melatih kepekaan telapak tangan, mengaktifkan cakra telapak tangan, melatih sedikit konsentrasi, sudah cukup untuk bisa melakukan proyeksi prana untuk treatment kesehatan. Sumbernya ada dimana-mana, tidak perlu beli, sudah disediakan alam, tinggal gunakan, Namun sayangnya tidak semua orang mudah melihat fenomena tersebut, tapi kondisi tersebut bisa dilatih kok. Berdasarkan penelitian-penelitian ilmiah para pakar, medan energi ini adalah medan elektromagnetik, mereka namakan "orgone" (banyak dibahas dalam bukunya praktisi Barbara Ann Brennan PhD "Hands of Light").

Maksud Istilah Tenaga Dalam
Tenaga dalam yang dimaksud disini adalah akumulasi tenaga bioelektrik tubuh, merupakan suatu tenaga cadangan yang dihimpun dari hasil olah nafas atau seni tata nafas yang dilatih sedemikian rupa (silat tenaga dalam, chikung, senam pernafasan, dll), baik dengan menggunakan pernafasan perut ataupun dengan pernafasan dada, sehingga dengan konsentrasi pikiran dapat disalurkan ketelapak tangan, maupun kelokasi-lokasi posisi tubuh yang diinginkan. Seberapa jauh konsentrasi akumulasi tenaga yang ada atau seberapa jauh kapasitas dari tenaga dalam tersebut, tergantung kualitas latihan dan jam terbang praktisi yang bersangkutan.

Jadi pengertian Prana dan Tenaga dalam itu di sini similar, namun dengan perbedaan yang tipis, yaitu pada aplikasinya. Prana apabila ingin digunakan tinggal memproyeksikannya saja, tidak perlu menggunakan tenaga yang akan berakibat melelahkan bagi si praktisi, sedangkan Tenaga dalam apabila dibutuhkan akan mengurangi tenaga cadangan yang ada dan akan terasa lelah pada tubuh (lost energy). Pada aplikasi terapi agar lebih efektif, keduanya biasa digunakan sekaligus. Baik untuk pembenahan/pemulihan seluruh saraf-saraf tubuh, maupun pembenahan/pemulihan sistem organ tubuh.

Ilustrasi proses terapi
Tubuh manusia ditinjau secara metafisik terdiri dari lapisan-lapisan energi bioplasmik yang dinamakan aura tubuh. Bagi tubuh seseorang yang menderita penyakit maka aura yang bersangkutan tersebut akan terganggu, ada akumulasi energi penyakit ataupun energi negatif, daerah lokasi penyakit medan elektromagnetiknya terganggu. Kondisi ini tidak akan bisa dilihat dengan pandangan mata biasa tetapi hanya akan dapat diamati oleh para pewaskita atau dengan kamera foto khusus untuk aura (foto Kirlian). Aura yang bermasalah tersebut akan terlihat oleh para pewaskita seperti contoh Gambar-1 Aura penderita, dan terlihat perbedaan bila dibandingkan dengan Gambar-2 Aura sehat. Aura sehat kelihatan bersih (aura penderita kelihatan kotor), tidak terkontaminasi dengan warna-warna kelabu, gelap ataupun hitam.
Gb. 1 Aura Penderita Sakit
Gb. 2 Aura Sehat
Medan energi penyakit tersebut dapat dirasakan getarannya oleh para praktisi (penghusada) Prana/Tenaga dalam, dan energi penyakit inilah yang dibenahi, disingkirkan ataupun dirontokkan oleh para penghusada, dengan proyeksi prana pada frekuensi-frekuensi tertentu sesuai dengan kebutuhan (hijau, orange, ungu, putih, dll) maupun kombinasi dengan impuls tenaga dalam (tembakan terhadap energi penyakit) agar mempercepat pembenahan.

Tahap awal yaitu dengan membersihkan jalur-jalur energi, dan cakra-cakra utama (konsep Cakra adalah merupakan peta titik-titik pusat energi yang ada pada tubuh manusia yang ditinjau secara metafisika dan telah dikenal oleh para Yogi sejak ribuan tahun lalu), selanjutnya pembenahan medan energi yang bermasalah, kemudian menormalkan atau menyeimbangkan kembali jalur-jalur energi tersebut, sehingga aura tubuhpun akan menjadi sehat kembali, dan tubuh fisikpun akan merasa kembali bugar.

Menekuni tumbuh-tumbuhan obat (herbal)
Pengalaman sejak tahun 1996 sebagai praktisi terapi prana/tenaga dalam, untuk kasus-kasus penyakit yang ringan sampai dengan menengah, hasilnya efektif, namun untuk kasus-kasus berat (karena bakteri, peradangan, pendarahan, kanker, dll) kurang efektif, harus dibantu dengan asupan obat. Saya pilih untuk memanfaatkan tumbuh-tumbuhan obat (herbal), karena secara biologis alamiah gampang sekali beradaptasi dengan tubuh sehingga akan memberikan proses yang konstruktif bagi kesehatan, disamping itu kepulauan Nusantara ini kaya dengan tumbuh-tumbuhan obat.

Oleh karena itu mulai mempersiapkan diri untuk menekuni tumbuh-tumbuhan obat, dan pada Februari 2004 mengikuti training sebagai pengobat tradisional yang diadakan oleh Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari Jakarta, yang hanya mendalami 125 jenis tumbuh-tumbuhan obat potensial. Kemudian setelah lulus mengikuti ujian pendalaman materi tumbuh-tumbuhan obat tersebut, diberi predikat “Pengobat Herbal Karyasari” namun setelah itu mengembangkan sendiri secara “learning by doing” yang akhirnya bisa membuat sendiri herbal dengan cara ekstrak, serta tahu karakteristik dan khasiat sekian banyak herbal yang potensial, karena digunakan pada sekian banyak pasien dengan sekian banyak kasus-kasus penyakit kronis. Khasiat tumbuhan obat yang bisa berfungsi sebagai anti inflamasi, anti toxic, analgesic, anti piretik, hemostatik, antibiotic, stimulant lever, membersihkan darah, anti virus, stimulant ginjal, diuretik, penghancur batu, stimulasi sirkulasi, anti koagulasi, hipotensif, hipoglicemik, dan lain-lain sangat menjanjikan untuk pengobatan penyakit kronis karena alamiah dan tidak mempunyai efek samping sepanjang dosis yang diberikan tepat alias tidak berlebihan dan tumbuhan obat yang diberikan tepat untuk penyakit yang diderita sang pasien.

Terapi Elektro Akupresur
Pada Februari 2008 saya dapat informasi disalah satu web tentang Terapi Listrik dengan peta titik-titik lokasi terapi pada tubuh yang sangat sederhana. Namun setelah saya pelajari dan bandingkan dengan titik-titik akupunktur yang sudah baku ternyata tidak sama. Jadi basis peta tersebut bukan titik-titik akupunktur. Oleh karena itu saya coba aplikasikan dengan menggunakan basis titik-titik akupunktur,yang sudah baku dan diterima badan kesehatan dunia (WHO). Prinsip kerjanya adalah menggunakan arus bolak balik dengan memanfaatkan impuls energi elektrostatik, yaitu ujung jari tangan yang bermuatan elektro static ditotokkan pada titik-titik akupunktur pada tubuh pasien. Sebagai sumber digunakan variac 500 watt . Hasilnya menakjubkan, karena keluhan-keluhan pasien yang ada sebelumnya, setelah selesai diterapi mendapat perbaikan yang instan dan signifikan, dibandingkan dengan menggunakan terapi prana. Kondisi ini terjadi kepada ratusan pasien yang menderita penyakit –penyakit kronis, darah tinggi,migren, kolesterol tinggi, maag, jantung koroner, saraf kejepit, asam urat, sakit pinggang, rematik , asma, bronchitis, dan lain-lain. Hanya dalam waktu 15 – 30 menit.

Kemudian dengan melihat hasil terapi dengan memanfaatkan energi elektro statik ini sangat menjanjikan dan aman bagi sekian banyak kasus penyakit kronis, mulailah peralatan terapi tersebut dikemas agar lebih pantas untuk digunakan seperti layaknya instrumentasi kesehatan. Atas inisiatif rekan saya Zaenal Arifin, Hariyadi, dan saya sendiri, Alhamdulillah, pada tgl 28 Agustus 2009 prototip peralatan terapi selesai dan bisa digunakan. Alat ini dinamakan SELAC yaitu singkatan dari Sinusoidal Electro Acupressure. Sumber 220 VAC, 22 watt, output 75-220 VAC.

AMANKAH TERAPI ELEKTRO AKUPRESUR?
Terapi Elektro Akupresur sangat aman karena :
  1. Level arus bolak-balik yang digunakan jauh dibawah 1 mA (aman : 1-8 mA).
  2. Digunakan hanya elektro statis. Jadi tidak akan terjadi sengatan yang membahayakan atas kontak terhadap tubuh.
Kecuali : untuk bayi, wanita hamil, yang sedang haid, pendarahan, demam tinggi, dan yang menggunakan peralatan elektronik seperti alat pacu jantung dan lain-lain.

MANFAAT TERAPI ELEKTRO AKUPRESUR
Terapi elektro akupresur ini berbasiskan arus listrik AC, maka akan lebih mudah memperbaiki bioelektrik tubuh, dan akan memberikan suplemen ion-ion pada tubuh, sehingga akan meningkatkan aktivitas sel-sel tubuh, meningkatkan metabolisme, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan fungsi saraf. Oleh karena itu akan bermanfaat untuk penyakit-penyakit kronis. Berdasarkan pengalaman sampai saat ini, sekali terapi telah memberikan perbaikan yang berarti. Namun kebanyakan kasus-kasus penyakit kronis diikuti oleh pembengkakan, peradangan, infeksi bakteri maupun virus, pendarahan, anemia, berpasir atau berbatu, ataupun tumor/kanker.

Agar terapi hasilnya bisa lebih efektif dan cepat, maka perlu kombinasi dengan asupan herbal yang berkhasiat anti pembengkakan, anti peradangan, antibiotik, anti pendarahan, peluruh pasir/batu, antineoplastik, dan sebagainya sesuai dengan kasus yang terkait. Sehingga sinergi terapi elektro akupresur (dari luar tubuh) dan asupan herbal (dari dalam tubuh) akan memberikan terapi yang lebih lengkap, dan lebih menjanjikan untuk solusi penyakit kronis. Herbal yang digunakan seluruh bahannya adalah tumbuh-tumbuhan obat yang banyak dan mudah didapat di Nusantara ini, dan diracik dengan cara moderen (ekstrak).

Metoda alternatif ini bermanfaat untuk solusi penyakit kronis sebagai berikut :
Alzheimer, Arthritis, Asthma, Autis, Autoimmune, Gangguan tulang belakang, Bronchitis, Kolesterol, Flu batuk, Sembelit, Jantung koroner, Kista, Diabetes, Gangguan pencernaan, Ketergantungan obat, Endometriosis, Gangguan mata, Hepatitis, Hipertensi, Hipotensi, Insomnia, Gangguan Ginjal dan Kandung kemih, Gangguan Hati dan Empedu, Migren, Keram otot, Gangguan saraf, Kegemukan, Osteoporosis, Parkinson, Rematik, Sinusitis, Stroke, Tumor/Kanker, Vertigo.

Demikian artikel hipnoterapi ini semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar dan mengembangan ilmu kesehatan alternatif dengan metoda terapi prana, tenaga dalam ektro, akupresur serta herbal. Mari kita terus belajar lebih dalam lagi...!!!
Back to Top