10 Fakta Unik Dalam Organ Tubuh Manusia

Diposkan oleh Label: di
Keajaiban Tubuh Manusia - Pernahkah anda membayangkan bahwa tubuh manusia ini tak ternilai harganya. Mari kita sadari bersama bahwa tubuh kita ini merupakan anugerah Tuhan kepada kita, yang tidak boleh kita sia-sia kan. Perlu diketahui pula apa saja keunikan tubuh manusia dan keajaiban yang ada dalam diri kita ini.

Para ahli dan peneliti organ tubuh manusia telah banyak menemukan keunikan dan keajaiban organ tubuh manusia. Pada tulisan ini mari kita bahas mengenai 10 fakta unik dalam organ tubuh manusia, yang mungkin para pembaca belum mengetahuinya sama sekali atau lupa bahwa tubuh ini begitu menakjubkan.
Inilah fakta keunikan organ badan tubuh manusia yang dimaksud : 
  • Denyut aliran Impuls saraf dari saraf organ badan menuju ke saraf di dalam otak memiliki kecepatan sampai 400km/jam
  • Jantung manusia dalam satu hari menghabiskan tenaga yang besarnya cukup untuk mengangkat beban seberat hampir 1 ton ke ketinggian 13 meter. Sebagai contoh, jantung manusia yang telah berumur 50 tahun telah melakukan kerja yang sama dengan mengangkat beban 18.000 ton ke ketinggian 230 km atau boleh dikatakan berat itu sendiri beberapa kali lebih berat berbanding muatan terberat yang pernah ditempatkan di orbit bumi, 
  • Manusia ketika melakukan aktivititas hubungan badan, tenaga elektrik pasangan tersebut jika ditukar dapat membangkitkan tenaga tidak kurang dari 3.000 watt yang cukup untuk menyalakan TV, lemari es, Air Conditioner dan barang elektronik yang lain.
  • Rambut manusia setiap hari hilang sekitar 45-60 helai rambut, tapi karena manusia memiliki 125.000 helai rambut baru setiap hari manusia tidak menyadari hal tersebut.
  • Otak manusia memiliki 10 milyar sel saraf, yang mempunyai kemampuan merekam lebih dari 86 juta bite (lebih kurang 11juta huruf) / perhari atau jika dikalkulasikan memori manusia selama hidupnya mencapai 100 triliun bite (sekitar 12,5 triliun huruf).
  • Manusia dalam keadaan terbaring / terlentang akan menghirup udara sekitar 8 quart (1 quart = 0,9463 Liter) tiap menit. Jika manusia tersebut bangun dari terlentang (sit-up) = 16 quart, berjalan 24 quart, sedangkan manusia saat berlari menghirup udara 50 quart. Betapa banyak udara yang telah manusia hirup tanpa tabung gas oksigen, manusia cukup menikmatinya dengan gratis.
  • Otak manusia setiap detik memproses kira-kira 100.000 reaksi kimia yang berlainan.
  • Rangkaian saraf otak manusia yang kini baru sebahagian dipetakan oleh ahli saraf, mempunyai daya kompleks 1400 kali lebih kompleks jika dibandingkan dengan rangkaian telepon saat ini
  • Sel darah merah di dalam organ tubuh manusia yang mempunyai masa hidup sekitar 4 bulan menempuh perjalanan sekitar 1.600 km di dalam tubuh kita selama masa hidupnya
  • Setiap inci persegi tubuh manusia dihuni rata-rata 32 juta bakteria sehingga bakteria yang ada di seluruh tubuh manusia mencapai 100 milyar bakteria atau 20 kali berbanding dengan jumlah populasi manusia saat ini.
Demikian 10 fakta keajaiban keunikan organ tubuh manusia yang berhasil penulis rangkai sedemikian rupa. Mudah-mudahan tulisan ini bermakna menyadarkan kita betapa besar anugerah yang telah diberikan Tuhan kepada kita semua.
Mengetahui keajaiban tubuh manusia akan menimbulkan rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan cara melakukan tindakan sesuai dengan kehendak-Nya.
- sumber dari Buku Pintar karangan H.M. Iwan GayoSort
Back to Top