Memaksimalkan Multiple Intellegences | Kecerdasan Majemuk

Diposkan oleh Label: di
Setiap manusia mempunyai keunikan tersendiri, karena memiliki Multiple Intellegences | Kecerdasan Majemuk, namun tidak setiap orang menyadarinya dan tidak semua berusaha mengoptimalkan anugrah Allah SWT tersebut. Ke delapan Multiple Intellegences atau Kecerdasan Majemuk tersebut adalah:
  1. Kecerdasan Linguistik (word smart)
  2. Kecerdasan Logika Matematika (logic smart)
  3. Kecerdasan Fisik (body smart)
  4. Kecerdasan Visual Spasial (picture smart)
  5. Kecerdasan Intra Personal (self smart)
  6. Kecerdasan Musikal (music smarth)
  7. Kecerdasan Natural (nature smart)
  8. Kecerdasan Eksternal
Ke delapan istilah kecerdasan yang diusung pertama kali oleh Howard Gardner ini pasti ada pada diri setiap manusia tak terkecuali kita. Hanya saja kita terkadang susah mengenali yang kecerdasan mana yang lebih berpotensi ada pada diri kita. Oleh sebab itu maka kenalilah diri kita sebelum berkenalan dengan orang lain.

Ciri orang yang memiliki kecerdasan linguistik / word smart dia lebih suka berbicara dan memainkan kata-kata. Biasanya orang yang memililiki kelebihan ini terlihat dari semenjak kecilnya dia suka sekali berbicara kepada siapa pun bahkan kepada orang yang tidak dikenalnya sekalipun. Pemilik kecerdasan linguistik ini perlu di arahkan ke pekerjaan yang bersifat komunikasi, pidato, presenter berita, hakim dan lain-lain.

Kecerdasan logika matematika atau logic smart adalah kecerdasan yang cenderung bersifat penentuan benar dan salah berdasarkan hitungan matematika. Orang yang memiliki kecerdasan ini dijamin pandai menghitung angka dan biasanya teliti dan sangat hati-hati terhadap segala sesuatu. Cara memaksimalkan kecerdasan ini adalah dengan terus berfikir dan berlatih.


Dengan kecerdasan fisik / body smart orang dapat dengan mudah memainkan anggota badan nya itu hingga memiliki kecepatan atau ketangkasan dibanding orang pada umumnya. Orang yang memiliki kecerdasan fisik ini perlu diterjunkan menjadi atlit olah raga. Untuk memaksimalkan kecerdasan ini perlu dilakukan latihan yang berulang-ulang disertai dengan permainan.

Kecerdasan Visual Spasial / picture smart merupakan kecerdasan yang dimiliki umumnya oleh pelukis atau kartunis pemain desain grafis.

Kecerdasan Intra Personal (self smart)
Kecerdasan Musikal (music smarth)
Kecerdasan Natural (nature smart)
Kecerdasan Eksternal
Back to Top